Pengertian Sistem Informasi Manajemen

 Sistem Informasi Manajemen

sistem informasi manajemen

Sistem Informasi Manajemen adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis.

Menurut Susanto menjelaskan bahwa sistem informasi manajemen adalah kumpulan dari berbagai komponen yang memiliki hubungan satu sama lainnya. Hubungan tersebut memiliki fungsi penting, yaitu fungsi evaluasi yang berujung pada perbaikan dari evaluasi tersebut.

Berikut ini beberapa contoh sistem informasi manajemen yang ada di lapangan :

1. Sistem Informasi Manajemen ERP
ERP atau enterprise resource planning merupakan sebuah sistem manajemen yang berfungsi dalam pengelolaan sebuah bisnis. ERP ini diketahui sebagai sistem yang bersifat terintegrasi, sehingga akan memudahkan pengelolaan bisnis (perusahaan). Sistem ERP ini bekerja mulai dari tahap perencanaan hingga tahap pengelolaan sumber daya yang ada pada perusahaan tersebut.

2. Sistem Informasi Manajemen DSS
DSS atau decision support system adalah sebuah sistem informasi manajemen yang berbasis data komputer. Sistem DSS ini akan membantu pimpinan perusahaan dalam mengambil sebuah keputusan. Salah satu penerapan sistem ini ialah pada proses penilaian pengajuan proposal kredit sebuah Bank.

3. Sistem Informasi Manajemen IMS
Contoh sistem informasi manajemen berikutnya adalah IMS (informatic management system). IMS ini juga dapat digunakan untuk memperoleh informasi sebagai landasan pengambilan keputusan. Sama dengan sistem sebelumnya, IMS juga bekerja dengan bantuan komputerisasi.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi_manajemen
              http://blogpengertian.com/pengertian-sistem-informasi-manajemen/

Komentar

Postingan Populer