IDENTITAS NASIONAL



Image result for identitas nasional adalah
Haii teman-teman,,

aku disini ingin menjelaskan tentang Identitas Nasional. Sebelumnya kalian sudah tahu belum sih apa itu identitas ? Nahh.. kalau belum tahu disini aku juga ingin kasih tahu sebelumnya bahwa identitas  itu berasal dari Bahasa Yunani yaitu “identitu” yang memiliki arti tanda-tanda atau ciri-ciri bahkan bisa kita sebut juga jati diri yang melekat pada seseorang atau sesuatu yang membedakan dengan yang lain. Sebagai contohnya aku mempunya KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) sebagai identitas di kampusku,, kartu ini sebagai tanda pengenal  di Universitas Gunadarma maupun di lingkungan luar sebagai bukti kalau aku adalah mahasiswa di Universitas tersebut. Jadi kalau ditanya dari kampus mana, aku tinggal tunjukkin aja kartu KTM ini .

Nah kalau Nasional pastinya kalian sudah tahu dong apa itu nasional? Yuupp… Nasional itu bisa diartikan sebagai identitas yang melekat pada kelompok-kelompok yang lebih besar yang diikat oleh kesamaan fisik seperti budaya, agama dan bahasa. Maupun Nonfisik seperti cita-cita, keinginan dan tujuan. Sebagai contohnya itu Bahasa, Bahasa sebagai alat perhubungan antarsuku antardaerah, dan antar budaya.

Jadi kalau kita satukan Identitas Nasional itu artinya adalah suatu jati diri yang khas dimiliki oleh suatu bangsa dan tidak dimiliki oleh bangsa yang lain. Dalam hal ini, tidak hanya mengacu pada individu saja, akan tetapi berlaku juga pada suatu kelompok.

Image result for who are identitas nasionalIdentitas nasional adalah kumpulan nilai-nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam berbagai aspek kehidupan dari ratusan suku yang dihimpun dalam satu kesatuan Indonesia menjadi kebudayaan nasional dengan acuan pancasila dan Bhineka Tunggal Ika sebagai dasar dan arah pengembangannya.

Kalau kita pikir-pikir mengenai unsur-unsur identitas nasional, maka Identitas Nasional Indonesia meliputi :

(1) Suku Bangsa Merupakan salah satu dari unsur pembentuk identitas nasional. Di Indonesia sendiri sangat banyak sekali suku bangsa atau kelompok etnis yang kita tahu sangat banyak dialek Bahasa di indonesia.

Image result for agama suku budaya(2) Agama  Bangsa Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang agamis . Agama yang tumbuh dan berkembang di nusantara yaitu agama islam, katholik, kristen, hindu, budha dan kong hu cu.

(3) Kebudayaan Banyak sekali budaya di Indonesia sebagai contohnya budaya di daerah Jawa dengan di daerah Sulawesi sangatlah berbeda dari olahan makanan hingga Pakaian Adat yang ia pakai dalam acara tertentu.

(4) Bahasa Dapat kita pahami sebagai alat perhubungan antarsuku antardaerah, dan antar budaya atas unsur-unsur bunyi ucapan manusia dan digunakan sebagai sarana berinteraksi antarmanusia.



Jika haus maka minumlah
Jika lapar maka makanlah
Jika salah maka maafkanlah
Assalamualaikum wr.wb, sampai jumpahh...

 Image result for gambar kartun saranghae tangan Salam Manis Nova Dwi Herliana

Komentar

Postingan Populer